#AkuCintaPLN

Di postingan blog kali ini izinkan saya untuk mengucapkan terima kasih kepada PLN yang sudah memberikan asupan listrik yang memadai di kota saya. Sangat membantu saya sedari saya lahir sampai sekarang. Di tempat saya mayoritas sudah terpenuhi dengan kebutuhan listrik. 69 tahun sudah PLN dari diresmikannya pada tahun 1945 Oleh Bapak Soekarno. Selama itulah kinerja PLN terus memberikan kebutuhan listrik kepada bangsa Indonesia. Tentunya kita doakan semoga PLN akan semakin berkembang dengan penuh-penuh inovasi dan ide yang beragam guna memajukan kualitas kontribusi untuk bangsa Indonesia. 

Di kesempatan ini juga izinkan saya untuk ikut menyumbangkan ide agar PLN bisa maksimal dalam hal kontribusinya terhadap bangsa Indonesia. Dan juga ikut membantu Bapak Nur Pamudji Selaku dirut utama PLN memikirkan PLN ini kedepannya selama beliau memimpin.
Adapun yang akan saya tulis ini adalah Ide dasar atau konsep dasar yang berbentuk basis dari perubahan itu sendiri. Semoga saja ide yang tumbuh di dalam pikiran saya ini dapat benar-benar membantu PLN untuk lebih maju.

#AkuCintaPLN

Ya, Sesuai dengan gambar diatas. Ide saya adalah bersumber dari PLN itu sendiri. P untuk Pelanggan, L untuk Lingkungan, dan N untuk negeri. 

1. P untuk Pelanggan


PLN sangat erat kaitannya dengan pelanggan yang tak lain adalah masyarakat Indonesia. Kebutuhan dari berbagai macam sektor akan listrik. Secara tidak langsung menjadikan PLN sebagai prioritas yang diutamakan. Inilah juga yang menjadi salah satu sebabnya. Apabila PLN melakukan pemadaman listrik. Maka PLN akan segera mendapatkan kiritik dari masyarakat Indonesia.

  • Listrik Pintar
Sampai saat ini menurut Saya PLN sudah memberikan terbaik untuk masyarakat. Apalagi inovasi yang sudah dilakukan PLN baru-baru ini bernama “listrik pintar” dengan memakai meteran listrik prabayar. Fasilitas ini menurut saya memiliki berbagai macam manfaat. Yang pertama adalah memudahkan masyarakat untuk membayar listrik. Pelanggan bisa membeli token lewat ATM, sampai loket resmi pembayaran online terdekat yang jumlahnya bertebaran di kota. Bahkan kini pelanggan pun dapat membelinya hanya dengan memakai ponsel. Ini tentu terobosan yang sangat bagus dari PLN untuk memudahkan pelanggannya.

Token Listrik
Meteran listrik prabayar

Selain itu fasilitas token PLN ini juga dapat menghemat pemakaian listrik pelanggan. Dalam artian semakin banyak pelanggan memakai listrik maka semakin besar juga biaya yang harus pelanggan keluarkan. Sehingga pelanggan dapat mengatur pemakaian listrik dan dapat mematok anggaran biaya listrik bulanan.

Dulu apabila pelanggan tidak membayar biaya bulanan maka akan diberikan kompensasi sampai beberapa bulan baru diputus listriknya. Kini apabila pelanggan tidak mengisi pulsa/token maka pelanggan pun tidak akan bisa mendapatkan fasilitas listrik dirumahnya.

Tinggal bagaimana PLN mensosialisasikan “listrik pintar” ke beberapa wilayah Indonesia.

  • PLN fast information
Sering kali masyarakat geram atas pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN. Seringkali juga pemadaman yang lama tanpa ada pemberitahuan sama sekali. Memang tidak bisa masyarakat terus-terusan menyalahkan PLN atas pemadaman listrik. Karena bisa jadi itu karena mesin generator yang rusak, masalah cuaca dan lain hal yang membuat PLN mau tidak mau harus memadamkan listrik.

Namun akan lebih baik lagi apabila PLN mampu memberikan informasi yang cepat kepada pelanggan apabila PLN berkeinginan untuk menghemat pemakaian listrik dengan melakukan pemadaman listrik secara terjadwal. Sehingga pelanggan bisa mengantisipasi apabila tengah melakukan aktifitas yang membutuhkan fasilitas listrik.

Penyebaran informasi kini bisa lebih mudah. PLN bisa menyebarkan informasi lewat pemerintah setempat. Atau lewat media sosial, dan bisa juga dengan broadcast BBM/SMS ke no hp pelanggan. Tentunya ini adalah salah satu tambahan inovasi yang bisa dilakukan PLN ke depannya.

2. L untuk Lingkungan

Ini juga sangat erat kaitannya dengan PLN. Untuk menghasilkan energi listrik dibutuhkan sumber daya dan yang ironis adalah Batubara masih mendominasi kebutuhan energi untuk PLN. Seperti yang dijelaskan oleh Dirut Utama Bapak Nur Pamudji, Sekitar 43 % atau 19 juta ton batubara digunakan pada semester pertama. Kita tahu bahwa batubara merupakan SDA yang sifatnya terbatas. Bisa habis dan bukan energi terbarukan. Cepat atau lambat apabila PLN tidak beralih ke alternatif lain. Bisa jadi dalam beberapa tahun ke depan. PLN akan kehabisan cadangan batu bara. Sehingga berdampak pada kurangnya kesedian listrik untuk masyarakat.

  • PLN GO Riset
Adalah program dalam hal melakukan riset dengan berbagai pihak peneliti baik dari civitas akademika dari dosen peneliti sampai mahasiswa dan pihak asing guna terus mengembangkan inovasi-inovasi baru dalam hal pemanfaatan sumber daya alternatif.

Dengan program ini PLN akan ikut andil dalam pembangunan SDM di Indonesia yang akan menjadi motor utama dalam pengelolaan listrik. Semakin banyak SDM yang berkualitas maka akan semakin mudah PLN untuk menciptakan terobosan baru. PLN Go Riset akan menghasilkan SDM yang siap untuk berkontribusi demi tumbuhnya lingkungan Indonesia.

  • Listrik Hijau
Setelah program “Listrik Pintar” yang sedang dijalankan oleh PLN. Maka yang ini namanya adalah “Listrik Hijau”. Ya, Indonesia memiliki berbagai macam potensi sumber daya energi terbarukan sebagai energi untuk menghasilkan listrik.

Seperti yang terjadi di Gorontalo. Akhirnya telah dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa(PLTB) untuk  memberikan kebutuhan listrik di Gorontalo.

Saya kutip dari liputan 6.com :

Pembangkit listrik biomassa gorontalo


General Manager PLN Sulawesi Tengah, Utara dan Gorontalo (Sulut Tenggo), Santoso Januwarsono menjelaskan, ide awal pembangunan PLTB tersebut adalah atas tantangan yang diberikan oleh Direktur Operasi Indonesia Timur PLN, Vickner Sinaga sekitar dua tahun lalu.

Vickner menantang para pejabat PLN Gorontalo untuk memikirkan bagaimana caranya untuk bisa menghasilkan listrik dengan melihat potensi lokal yang banyak tersedia di Gorontalo.

"PLTB Pulubala ini, menjadi salah satu upaya nyata PLN untuk menggunakan kearifan lokal berupa pemanfaatan potensi tongkol jagung yang banyak tersedia di propinsi Gorontalo menjadi salah satu sumber energi listrik," jelasnya seperti ditulis dalam keterangan tertulis, Senin (21/7/2014).

Bahkan menteri BUMN Dahlan Iskan pun mengatakan PLTB Pulubala akan menjadi awal hadirnya pembangkit-pembangkit biomassa di Indonesia.

Tentunya inovasi ini akan berdampak sangat positif bagi masyarakat. Memanfaatkan kearifan lokal untuk dijadikan sumber daya. Masyarakat senang, PLN pun senang. Meskipun PLTB ini masih dalam tahap pembangunan. Dan masih sangat kecil apabila dibandingkan dengan tingkat kebutuhan masyarakat. Akan tetapi saya optimis apabila pembangunan ini berkelanjutan di setiap provinsi di Indonesia. Maka bukan tidak mungkin Indonesia akan menjadi pelopor pertama yang mencanangkan “Listrik hijau” di dunia.

3. N untuk Negeri


PLN merupakan kebutuhan masyarkat yang sangat krusial. Saya tidak bisa membayangkan apabila seluruh Indonesia kehilangan listrik satu hari saja. Maka akan menimbulkan kerugian yang sangat besar. Perusahaan, Pemerintah, Rumah sakit, Sekolah akan kesulitan untuk beroperasi. Dan ini sangat erat kaitannya dengan pembangunan di Indonesia. 

Hari Listrik Nasional

Menyambut Hari Listrik Nasional yang ke 69. Maka Saya sebagai salah satu masyarakat Indonesia. Akan berusaha untuk memanfaatkan energi listrik yang dihasilkan sedemikian rupa. Agar tidak ada energi yang mubazir. Diperlukan adanya timbal balik dari PLN maupun masyarakat . 

Sejatinya tidak ada gunanya berjuta-juta macam Ide untuk PLN apabila masyarakat  masih menggunakannya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat dan terkesan membuang-buang. Oleh karena itu dalam rangka menyambut Hari Listrik Nasional yang ke-69.  Maka Saya sebagai salah satu dari 250 juta masayarakat indonesia akan bertekad untuk bisa memakai listrik se efisien mungkin. Agar tidak ada lagi energi yang mubazir.

Maka dengan mencintai PLN sama saja kita mencintai pelanggan yang tak lain masyarkat Indonesia, Lingkungan dan Negeri. Mari tebarkan Hashtag #AkuCintaPLN sebagai sumbangsih kita untuk PLN dan sumbangsih untuk Negeri kita. Indonesia. 




Indonesia




SHARE

About Mas Prastyo

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. wah bagus postingannya gan, tapi kok postingnya di blog android, apa hubungannya android dengan PLN gan ?????

    ReplyDelete
  2. Ide tulisannya bagus,,,, Perkenalkan saya, Idrus Dama
    Blogger Muslim Gorontalo
    www.cahayapena.com

    ReplyDelete

Hello !

Jika Ingin Berkomentar Tentang Artikel Ini Anda Harus :

- Sopan Dan Relavan Saat Berkomentar
- No Live Link Dan Link Porno
- Jika Anda Ingin Mencari Backlink,Gunakan Name/URL
- Berkomentar Dengan Berbahasa Indonesia Dan Jelas
- Berkomentar Sesuai Dengan Judul Postingan Tersebut
- Kami Menerima Akun Anonymous Untuk Berkomentar Tapi Kami Akan Menyaring Komentar Akun Anonymous Dikarenakan Menghindari Spam